Jl. Raya Kalirungkut, Surabaya 60293 Telp. +6231-298-1397 Fax. +6231-298-1151 Email: manufaktur@ubaya.ac.id

Home TEKNIK MANUFAKTUR UBAYA

TEKNIK MANUFAKTUR UBAYA

Teknik Manufaktur FT Ubaya adalah merupakan program kekhususan dari jurusan Teknik Industri Ubaya. Adapun program ini mempelajari  keilmuan perancangan produk (desain produk), perancangan proses produksi (desain proses produksi), serta pengelolan sistem manufaktur (manajemen produksi).  Dalam praktek di industri, ketiga keilmuan tersebut tidak dapat dilepaskan satu dengan lainnya. Dengan membentuk kompetensi pada ketiga keilmuan tersebut, Teknik Manufaktur FT Ubaya bertujuan untuk ikut berperan dalam mengembangkan industri manufaktur di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri manufaktur menjadi tulang punggung dalam mendongkrak perkembangan perekonomian sebuah bangsa, karena aktivitasnya sangat mendukung sektor industri lain dan seluruh aspek kehidupan manusia. Sebuah negara yang mempunyai industri manufaktur yang maju, selalu diikuti dengan pertumbuhan perekonomiannya. Republik Rakyat Cina (Tiongkok) merupakan satu contoh negara yang memiliki dukungan industri manufaktur sangat baik sehingga mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa Teknik Manufaktur sangat prospektif dan dapat mencakup seluruh aspek kehidupan serta menjadi tumpuan bidang keilmuan lainnya.

Didasarkan pada fenomena tersebut, maka penyelengaraan program pendididikan di Teknik Manufaktur FT-Ubaya dirancang guna membekali mahasiswa dalam perancangan produk dan proses produksi dengan menggunakan metode-metode konvensional maupun berbasis komputer (Computer Aided Design dan Computer Aided Manufacturing) dan otomasi, serta manajemen produksi. Kurikulum Teknik Manufaktur diarahkan untuk memberikan bekal dalam keilmuan dasar teknik seperti matematika, mekanika teknik, pengetahuan bahan teknik, dan keilmuan teknik lainnya, dengan memanfaatkan aplikasi teknologi dan otomasi industri (mekatronika). Selain keilmuan dasar dan teknik tersebut, mahasiswa juga diberi teori-teori optimasi serta dasar-dasar analisis ekonomi dan pengetahuan manajemen produksi.

            Untuk membangun kompetensi dibidangnya, pembelajaran dilaksanakan dengan mengkombinasikan pembelajaran klasikal (tatap muka), pembelajaran berbasis proyek (tugas-tugas perancangan) dan juga berbasis laboratorium (praktikum). Untuk itu Teknik Manufaktur dilengkapi berbagai peralatan utuk menunjang pembelajaran. Peralatan-peralatan tersebut meliputi peralatan produksi untuk bahan logam dan kayu, baik manual maupun yang berbasis CNC (Computer Numerical Control), peralatan pengujian bahan serta perangkat lunak untuk perancangan produk. Semua peralatan tersebut terlingkup di dalam Laboratorium Desain Produk dan Laboratorium Sistem dan Teknologi Manufaktur. Disamping itu, untuk membangun keahlian di bidang perancangan sistem kerja, Teknik Manufaktur juga didukung oleh Laboratorium Work Design dan Ergonomics di bawah Teknik Industri.

Pada semester akhir, mahasiswa dapat menentukan konsentrasi yang sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa. Pilihan konsentrasi studi di Teknik Manufaktur yang ditawarkan ada dua yaitu :

 1.       Desain Produk

2.       Teknik dan Manajemen Produksi

Dua konsentrasi tersebut dipilih karena sampai dengan saat ini masih sangat banyak di butuhkan di industri, dan keduanya saling berkaitan. Hal ini, karena tidak semua desain produk bisa direalisasikan jika tidak bisa diproduksi dan juga sebaliknya kesulitan membuat produk akan terjadi jika tidak ada rancangan produknya (desain produknya).

Di akhir studi mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kerja praktek di industri manufaktur untuk mengamati permasalahan nyata yang terjadi di industri dikaitkan dengan bekal ilmu yang dimiliki. Selain itu, setelah mencapai 122 SKS dan dengan IPK minimal 2,00 mahasiswa dapat mulai mengerjakan tugas akhir. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendorong calon lulusan agar mampu menganalisis dan melakukan sintesis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

            Dengan kurikulum yang telah dirancang, maka diharapkan akan dihasilkan sarjana teknik manufaktur yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan profesional dalam perancangan produk dan proses pembuatan secara optimal. Selain itu juga sarjana teknik manufaktur juga diharapkan mampu mengaplikasikan teknologi dan mempunyai wawasan bisnis dan manajemen produksi.

            Dengan demikian sarjana teknik manufaktur yang dihasilkan siap untuk menghadapi tantangan karir di bidang perancangan produk, perancangan proses dan manajemen produksi, meliputi:

Product Design and Development Supervisor atau Engineer (Supervisor atau Engineer perancangan dan pengembangan produk)

Research and Development Engineer/Manager (Staff atau Manajer penelitian dan pengembangan Produk)

Engineering Supervisor/Manager (Supervisor atau Manajer rekayasa produk dan proses)

Production Process Planning Supervisor/Manager (Supervisor atau manajer perencana proses produksi)

Production Supervisor/Manager (Supervisor atau Manajer produksi)

Maintenance and Workshop Supervisor/Manager (Supervisor atau Manajer perawatan dan workshop) 

Production Planning and Inventory Control Supervisor/Manager (Supervisor atau Staff atau Manajer PPIC)

Quality Control Supervisor/Manager (Supervisor atau Manajer pengendali kualitas produk)

Sales and Marketing Executive (Kepala penjualan dan pemasaran)

Jabatan yang lebih tinggi atau owner jika berwiraswasta 

dan karir lainya

 

Hal-hal yang dipelajari di Teknik Manufaktur :

 

1. Proses Pembuatan Produk Manufaktur.

Mahasiwa diberikan keilmuan dasar tentang Proses Pembuatan Produk, di Jepang dikenal dengan istilah PROSES PRODUKSI keilmuannya dikenal Teknik Produksi. Sementara di Amerika lebih dikenal dengan istilah Proses Manufaktur  keilmuannya dikenal Teknik Manufaktur. Jadi dengan keilmuan ini, mahasiswa dapat merancang proses maupun langkah-langkah dalam pembuatan sebuah produk manufaktur.

 

Produk Manufaktur meliputi hampir semua produk yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Produk yang tidak termasuk produk manufaktur adalah produk kimia, farmasi, jasa, makanan dan minuman. Contoh Produk Manufaktur adalah :

Produk "Home Appliances" (Produk Rumah Tangga) seperti peralatan dapur,  casing televisi, casing radio, kipas angin, casing telephone, furnitur, dsb

Produk "Office Appliances" (Produk kantor) : body/casing komputer, meja dan kursi kantor, filling cabinet, stationary, dll

Produk Transportasi (Mobil, Sepeda Motor dsb)

Baby Stuff dan seperti kereta dorong, baby walker, peralatan makan bayi dsb

Toys

Produk alat Olah Raga.

Produk alat bantu industri kecil, misal: mesin membuat sari kedelai, automatic water filler (dari galon ke dispenser)

Produk kemasan contoh kemasan air mineral, kemasan makanan dan minuman.

Produk-produk berbahan baku plastik

Produk-produk berbahan baku karet.

Material Handling Equipment, contoh: forklift, crane, conveyor.

Food Processing Equipment, contoh: mesin pencetak bakso, mesin pembuat es puter.

Dan sebagainya.

 

2. Desain Produk Manufaktur & Product Design.

Sebelum dibuat, sebuah produk tentunya harus dirancang (didesain) terlebih dahulu. Di Teknik Manufaktur dipelajari cara mendesain produk, dengan mempertimbangkan kekuatan produk (engineering design), kemudahan dan keterbuatan (kemampuan untuk bisa dibuat), kemudahan untuk dirawat, aspek ergonomi (kenyamanan penggunaan), pertimbangan estetika/keindahan, dsb.

 

3. Manajemen Produksi atau Sistem Manufaktur atau Sistem Produksi.

Keilmuan ini mempelajari tentang pengelolaan proses produksi di sebuah industri/pabrik agar dapat berjalan dengan baik. Sebuah industri yang memanfaat modal tidak sedikit sangat membutuhkan suatu pengaturan proses produksi yang baik. Dengan pengaturan yang baik maka dapat terjadi pengurangan proses produksi, penghematan biaya, dan kualitas produksi dapat terjaga.